Pesona Alam Curug Ceheng Baturaden #Purwokerto Satria

Wisata alam di sekitar Purwokerto dan sekitarnya banyak di dominasi antara air dan pegunungan. Karena memang letak Kota Purwokerto berada di bawah kaki Gunung Slamet. Makanya wajar jika banyak terdapat air terjun, pancuran atau curug. Salah satun yang cukup dekat dari pusat kota adalah Curug Ceheng

Curug Ceheng terletak di tengah hutan atau perkebunan namun tidak jauh dari jalan umum yang sudah teraspal mulus. Berada di desa Gandatapa kecamatan Sumbang, daerah ini berada di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut (DPL). Makanya wajar jika suasananya sejuk dan nyaman untuk bersantai dan refreshing. Tak heran meski tidak sebesar kawasan wisata baturraden, tempat ini menjadi salah satu alternatif wisatawan lokal dan cukup ramai terutama pada hari libur. Bahkan ada yang tidak turun ke lokasi curug, hanya menikmati suasana sekitarnya yang juga memiliki pemandangan yang bagus. Apalagi di dekat area curug juga ada beberapa gazebo meskipun kurang terawat.

Saat kami datang berkunjung, debit air memang sedang tidak terlalu besar karena sudah lama musim panas. Makanya wajar pancuran airnya tidak terlalu besar dan kolam kedung dibawahnya dan sungainya juga tidak terlalu banyak airnya. Saat kami berkunjung cukup ramai yang datang, meskipun yang di foto diatas tidak terlihat banyak namun sebenarnya yang datang bergantian. Dua orang dari team PurwokertoGuidance turun salah satunya Agung yang sedang foto selfie nampak diatas, sedang Babas sibuk mengambil foto sekeliling curug, dan saya tetap diatas (ada rasa merinding di kaki hahahah). Trus ngapain saya di atas curug….

Sebelum turunan ke arah curug, disitu 2 ada penjual makanan dan minuman yang merupakan warga sekitar. Saya memilih menikmati pecel saja deh karena pas dalam perjalanan berangkat kesini memang sudah ada rasa lapar sedikit :D, Kalo di lokasi curug ga ada yang jualan, tapi kata 2 teman saya yang turun ada anak-anak yang jual minuman kemasan sih.

RUTE KE CURUG CEHENG DARI PURWOKERTO

Untuk menuju ke lokasi curug ceheng, menurut kami rute paling gampang adalah lewat UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Dukuhwaluh. Dari UMP ke arah timur hingga perempatan Sumbang (ada tugu, pasar dan polsek) lalu belok kiri ke arah utara dan ikuti terus jalan ini sekitar 10KM, jika ada pertigaan atau perempatan gak usah belok sampai di lokasi gerbang Curug Ceheng. Dari UMP sampai ke curug ceheng akan memakan waktu sekitar 15-20 menit santai. Sedangkan dari pusat kota purwokerto mungkin sekitar 30 menitan. Kondisi jalannya sudah bagus dan mulus.
Sesampainya di gerbang Ceheng Anda akan di sambut petugas tiket dan parkir yang akan mengarahkan Anda. Untuk lokasi parkir sepeda motor persis dibelakang loket tiket, sedangkan parkir mobil masuk dekat lokasi curug. Dari gerbang menuju lokasi cukup dekat koq paling sekitar 300 meter saja. Untuk harga tiket, karena kami menggunakan sepeda motor, 1 motor bocengan dihitung Rp. 7.000 dan kami lupa tidak mencatat tarif untuk mobil atau yang masuk tanpa kendaraan, padahal sudah nanya -_-.
Selepas dari Curug Ceheng kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata lain melewati lokasi peternakan Sapi yang pemandangannya mirip New Zealand katanya sih (hahahah… ), trus menuju Telaga Sunyi, Baturraden dan Curug Telu Karangsalam – Baturraden. Tunggu liputannya yah..