Wisata Alam Kebun Raya Baturraden - Jawa Tengah #Purwokerto Satria

Kebun Raya Baturaden berlokasi di area tempat wisata Baturaden, kalau dari kota Purwokerto kurang lebih 14 km, karena saya berangkat dari Banyumas maka diperkirakan 30 km jaraknya, dan kalau ditempuh dengan sepeda motor kurang lebih 1,5 jam dengan kecepatan yang tergolong pelan, karena paling2 saya jalannya mentok di angka 40.

Lokasi tepatnya ada di desa Kemutuk Lor Kecamatan  Baturaden Kabupaten Banyumas, sudah di ketinggian kurang lebih 600 - 700 mdpl. Bagi yang sudah pernah ke wisata Baturaden, posisi Kebun Raya Baturaden belok kanan sebelum pintu masuk Baturaden, yaitu kearah lokawisata Wanawisata. Tiket masuk seharga Rp.10.000,- dan parkir sepeda motor Rp. 3.000,-

Yang punya ide untuk mendirikan Kebun Raya Baturaden adalah Ibu Megawati Soekarno Putri ketika masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI tahun 2002, sehingga karenanya yang meresmikan Kebun Raya ini juga beliau pada tanggal 19 Desember  2015. Dan yang melaunching Kebun Raya ini juga Yayasan Kebun Raya Megawati Soekarno Putri. 

Sebenernya sangat tidak nyaman pasang foto2 Kebun Raya ketika itu, tgl 23 Desember 2015, karena ternyata di media massa sudah ada berita terjadinya perusakan taman bunga oleh pengunjung yang pada selfie. Jadi kami kena getahnya juga, dapat nasehat2 dari orang2 bijak agar tidak selfie dan merusak tanaman di sekitar taman. Jleb,,,,sakit rasanya. Pan kami bukan tipe perusak, kami adalah tipe penyayang dan pengagum keindahan alam tulen, gimana ceritanya kalau "ujug2" berubah jadi perusak ????

Baiklah, Kebun Raya Baturaden merupakan wisata edukasi, sangat banyak jenis2 tanaman disini, dari mulai tanaman Liliana, tanaman perdu, tanaman merambat, anggrek bahkan koleksi pohon2an juga banyak. Biasanya Kebun Raya di kelola oleh Pemerintahan Setempat bekerja sama dengan LIPI dan Kementrian Kehutanan.

Dari keseluruhan luas Kebun Raya katanya baru kurang lebih 15% yang diberdayakan sebagai taman, bisa dibayangkan apabila sudah maksimal pengelolaannya, maka tema Kebun Raya sebagai "Pusat Tanaman Pegunungan Jawa" akan terwujud.

Untuk tanaman2 perdunya karena masih baru terlihat belum rimbun benar, juga tanaman anggreknya belum pada berbunga, kemungkinan beberapa tahun kedepan baru akan nampak keindahan yang sempurna.

Rupanya wahana2 yang lain juga sudah dibangun disini seperti wahana permainan anak, rumah pohon dll, namun karena kami sudah kesorean datangnya sehingga tidak sempat mengunjungi area2 itu.

Tepat disebelah Kebun Raya ada jalan menuju lokasi wisata Pancuran 7 Baturaden, kurang lebih 36 km lagi. Biasanya apabila lewat jalan normal di wisata baturaden maka akan ditempuh dengan jalan kaki melewati Pancuran 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7, namun jika lewat Kebun Raya maka kendaraan bisa langsung sampai di Pancuran 7 (tapi saya juga belum mencobanya).

Ketika hendak turun tiba2 ketemu dengan kawan SD, olala, reuni yang tanpa sengaja sungguh berkesan. 40 tahun yang lalu kami sama2 lulus dari SD,,,,,,,ups keceplosan, jadi ketahunan kalau saya sudah tua,,,,,,xixixixi

Jalan2 ke Baturaden jika hanya ke Kebun Raya mungkin kurang puas, maka sebelum keluar dari area Kebun Raya kita bisa menikmati hutan pinus yang ada di sekitar Wana Wisata.  Bahkan jika ingin menginap juga bisa menyewa di Vila Perhutani, saya pernah nginap disini beberapa tahun yang lalu ketika ada acara mudik bareng Warga Banyumas yang ada di Jakarta.

Jika dirasa sudah puas refreshing, apalagi kalau perut sudah keroncongan, maka segeralah turun, karena di area ini belum ada resto2 yang bagus, paling hanya bisa ketemu tukang bakso atau somay bersepeda. Turun ke daerah Pabuaran / sebelum Kampus Universitas Jenderal Soedirman banyak sekali cafe2 dan resto mewah yang bertebaran dikanan kiri jalan. Kami singgah di Lumbung Cafe yang ada dikiri jalan jika dari Baturaden, tepat di depan Pom Bensin Pabuaran. Ada menu nasional ada juga menu Wertern. Kami ber 4 memesan menu seperti yang ada dibawah cukup dengan uang Rp. 200.000,-


 
Previous
Next Post »
0 Komentar