Wisata Curug Cipendok Cilongok Purwokerto Banyumas

Dari galeri foto diatas terlihat genangan air di curug cipendok tidak terlalu tinggi, karena memang debit airnya sedang menipis di akhir musim panas. Foto diatas diambil saat kami berkunjung pada hari Minggu 4 Oktober 2015. Namun meskipun musim panas, suasana di curug cipendok tetap sejuk dan agak berembun. Tarif Tiket, Lokasi dan Rute menuju Curug Cipendok Lokasi wisata Curug Cipendok berjarak sekitar 20-25km dari Purwokerto, bisa di tempuh sekitar 30 menit, bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung keramaian jalan. Paling gampang adalah melalui rute pertigaan Losari yang berada di jalur utama Purwokerto – Ajibarang yang juga merupakan jalur ke pantura Purwokerto – Jakarta. Dari alun-alun atau Jl. Jend. Sudirman lurus ke barat hingga karang lewas terus ikuti sampai melewati pasar cilongok dan masih terus hingga pertigaan loasir seperti pada foto galeri rute berikut.

Dari pertigaan Losari belok kanan / utara dan ikuti terus jalan ini hingga sampai di lokasi Gerbang Wana Wisata Curug Cipendok. Sepanjang perjalanan akan menemui Flyover Rel Kereta Api Karangsari, Tanjakan yang cukup tinggi, peternakan sapi dan beberapa hotel murah mendekati area Curug Cipendok. Oh iya jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi juga bisa menggunakan angkutan umum, setelah turun di pertigaan Losari Anda bisa naik ojek atau minibus Koperades yang bisa di sewa / charter untuk mengantar para wisatawan. Sesampainya di Gerbang Wisata Curug Cipendok Anda akan disambut oleh petugas tiket. Untuk harga tiketnya saat ini Rp. 9.000 per orang. Dari gerbang ini masih melanjutkan perjalanan kurang lebih 1km menuju tempat parkir mobil dan motor. Dan lokasi Curug Cipendok sekitar 500 meter dari tempat parkir melewati jalan setapak.

Oh ya di sekitar lokasi Curug Cipendok juga ada warung makan yang menyediakan makanan baik nasi rames, mendoan, dan beberapa jenis makanan dan minuman lainnya. Sebaiknya tidak usah bawa bekal makanan untuk agar mereka tetap eksis jualannya dan tentunya Anda lebih santai menikmati perjalanannya. Pengunjung juga bisa menemukan pemandu wisata atau petugas jika memerlukan bantuan atau informasi.
Beberapa fasilitas yang ada di sekitar lokasi Curug Cipendok diantaranya Mushola, Tempat bermain anak, cottage, outbond, jogging track dan jungle track. Dekat curug cipendok juga ada curug lain (namanya lupa) namun lokasinya masih susah di akses namun menurut info dari petugas pemandangannya sangat bagus, Pengunjung bisa minta bantuan guide untuk sampai ke lokasi curug ini dengan biaya kalau tidak salah 30 ribu per kelompok. Lokasi lain yang juga cukup menarik adalah Telaga Pucung yang berada sebelum sampai di tempat parkir curug cipendok.
    
Previous
Next Post »
0 Komentar